New York -Jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook, meraup untung sebesar US$ 642 juta (Rp 6,4 triliun) di akkhir triwulan I-2014, angka ini naik tiga kali lipat dibandingkan laba tahun sebelumnya pada periode yang sama US$ 219 juta.
Lonjakan laba ini terjadi berkat pertumbuhan omzet Facebook yang mencapai 72% disumbang dari naiknya pengguna dan iklan versi mobile. Pemasukan iklan perusahaan melonjak 82% menjadi US$ 2,27 miliar.
Omzet perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg cs mencapai US$ 2,5 miliar (Rp 25 triliun) di akhir Maret 2014, dibandingkan omzet perusahaan tahun sebelumnya pada periode yang sama US$ 1,4 miliar.
Zuckerberg menyatakan, saat ini Facebook mulai berkonsentrasi terhadap lini bisnis utamanya setelah satu tahun ke belakang melakukan ekspansi melalui aneka akuisisi yang nilainya mencapai US$ 21 miliar (Rp 210 triliun).
"Hasilnya menunjukkan bisnis Facebook masih kuat dan terus tumbuh, kami sedang dalam posisi untuk terus mencapai target-target yang sudah disiapkan," kata pria drop out Harvard ini seperti dikutip AFP, Kamis (24/4/2014).
Naiknya keuntungan Facebook ini membuat laba per sahamnya juga tumbuh sebesar 25 sen dolar AS. Saham Facebook yang sudah naik beberapa hari sebelum pengumuman kinerja ditutup turun 1,67% (-2,65%) ke level US$ 61,36 per lembar pada penutupan perdagangan kemarin.
Sahamnya memberikan keuntungan yang cukup tinggi bagi pemegang saham dalam satu tahun terakhir, yaitu tumbuh sebesar 135,01%. (detik.com)