korea by dewanti

Tuesday, February 25, 2014

ICBP Targetkan Penjualan Minuman Rp5 T

INILAH.COM, Jakarta - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) dan Asahi Group Holdings menargetkan penjualan sebesar Rp5 triliun hingga 2017.
Direktur Utama dan CEO PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) Anthoni Salim mengatakan, target tersebut untuk penjualan minuman non-alkohol dalam negeri. Pada tahun itu total nilai industri minuman non alkohol Indonesia mencapai Rp189,79 triliun.
Menurut Anthoni, untuk mendukung produksi, PT Asahi Indofood Beverage Makmur (AIBM) sedang membangun sebuah pabrik baru. Perseroan memperkirakan akan mulai beroperasi pada semester kedua tahun 2014 ini.
"Sehingga jumlah pabrik akan menjadi 17 termasuk dengan dua pabrik PCIB dan 14 pabrik AMDK," kata Anthoni dalam keterangan tertulis preseroan, Senin (25/2/2014) malam.
Perseroan telah membentuk dua anak perusahaan yang bernama PT Asahi Indofood Beverage Makmur (AIBM) dan PT Indofood Asahi Sukses Beverage (IASB) atau keduanya disebut JV Subsidiaries.
Pada September 2013, JV Subsidiaries telah menyelesaikan transaksi pembelian seluruh saham PT Pepsi Cola Indobeverages (PCIB). Perseroan mengubah namanya menjadi PT Prima Cahaya Indobeverages yang merupakan bottler minuman berkarbonasi dan juice dengan merek-merek milik PepsiCo.
Selain itu JV Subsidiaries dan PT Multi Bahagia (JV Bottled Water) juga mendirikan dua entitas patungan. Rencananya masing-masing bertanggung jawab untuk memproduksi serta memasarkan air minum dalam kemasan (AMDK).
"Dan di Januari 2014 JV Bottled Water menyelesaikan akuisisi aset merek dagang (CLUB) yang merupakan produsen terbesar nomor dua di Indonesia," ujar dia.
Produk minuman non alkohol, kata Anthoni, merupakan salah satu kategori dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Lanjutnya, menurut Canadean, sebuah perusahaan consumer market research, pasar produk minuman non alkohol Indonesia lebih dari US$8 miliar. Pasarnya akan mengalami pertumbuhan double digit dalam beberapa tahun terakhir.