Jakarta -PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) bekerjasama dengan emiten pemilik waralaba Kentucky Fried Chicken (KFC) di Indonesia, PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST) memanfaatkan mesin Electronic Data Capture (EDC) Mandiri dalam transaksi pembayaran serta melakukan program promosi bersama.
Kerjasama ini direalisasikan dalam Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang dilakukan oleh Direktur Micro and Retail Banking Bank Mandiri Hery Gunardi dan Direktur Fast Food Indonesia Justinus Dalimin Juwono di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (16/12/2013).
Hery menjelaskan, Bank Mandiri terus memperluas jaringan elektronik (e-channel) melalui sinergi strategis dengan perusahaan retail dengan pasar yang kuat.
Terkait hal itu, melalui penandatanganan ini, EDC Mandiri menjadi satu-satunya alat pembayaran elektronis yang akan digunakan di sekitar 500 outlet KFC di 103 kota besar di Indonesia.
Rencananya, Bank Mandiri akan memasang lebih dari 1.000 mesin EDC di seluruh outlet KFC tersebut.
Hery menyebutkan, kerjasama ini merupakan upaya perseroan dalam meningkatkan penggunaan transaksi e-channel sekaligus mendorong terbentuknya less-cash society di Indonesia.
"Langkah ini sejalan dengan strategi bisnis kami yang memfokuskan pada segment retail payment. Kami percaya kerjasama ini akan dapat semakin memacu perkembangan bisnis kedua pihak, terutama dari sisi kemudahan dan kenyamanan customer KFC," jelas Hery.
Hingga September 2013, jumlah mesin EDC terpasang Bank Mandiri tercatat sebanyak 209.249 unit, meningkat 45,93% dari September 2012 yang sebanyak 143.384 unit.
Adapun jumlah ATM terpasang sebanyak 11.454 unit, bertambah 988 unit dari 10.466 pada September 2012.
Dengan penambahan tersebut, volume transaksi e-channel Bank Mandiri (melalui ATM, EDC dan SMS Banking) meningkat 5,6% menjadi 992,2 juta transaksi dari Januari hingga September 2013.
Selain pemanfaatan mesin EDC Mandiri, Bank Mandiri dan Fast Food Indonesia akan melakukan kerjasama promosi bersama dalam bentuk Joint Promo marketing yang memungkinkan nasabah untuk menggunakan loyalty rewards yang dimilikinya untuk bertransaksi di seluruh outlet KFC.
Hery menambahkan, pihaknya juga tengah menjalankan berbagai macam joint promo program marketing serta program loyalty rewards fiestapoin guna peningkatan transaksi e-channel Bank Mandiri.
"Dengan berbagai terobosan kerjasama dan inovasi produk tersebut, kami optimis dapat meningkatkan market share dalam bisnis e-channel," tandasnya. (detik.com)