INILAH.COM, Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) pada 2014 menargetkan pendapatan Rp10 triliun dari segmen enterprise dan Small Medium Enterprise (SME).
Direktur Enterprise and Business Service TLKM, Muhammad Awaluddin mengatakan, dari target tersebut segmen enterprise berkontribusi 76% sedangkan 24% dikontribusi segmen SME yang tumbuh 10% dibandingkan tahun 2013.
"Segmen enterprise dan SME menjadi pusat pertumbuhan revenue unconsole bagi Telkom. Jumlah UKM yang memiliki badan usaha di Indonesia ada sekitar empat juta merupakan peluang pasar yang harus digarap," kata Awaluddin dalam keterangan resmi perseroan, Senin (6/1/2014).
Memasuki 2014, kata Awaluddin, perseroan akan fokus masuk ke segmen pasar UKM melalu tiga revenue driver, seperti Small Office Home Office (SOHO), Business Solution for Community (BSC), serta Digital Media Solutions. "Dari ketiga business driver tersebut Telkom memproyeksikan pendapatan sekitar Rp100 miliar," tutur Awaluddin.
Lebih lanjut dia mengatakan, semenjak program IndiPreneur diluncurkan tahun lalu suda bergabung sekitar 150 ribu UKM dan pada tahun ini diharapkan dapat menjangkau 500 ribu UKM. "Sedangkan pada 2015, ditargetkan mencapai 1 juta UKM," ucap Awaluddin.